468x60_id

Waria di Kediri Wajib Tes HIV/AIDS Saban 3 Bulan


Kediri - Persatuan Waria Kota, Perwaka Kediri, Jawa Timur mewajibkan ratusan anggotanya mengikuti VCT alias tes HIV-AIDS setiap tiga bulan sekali.
Langkah itu dilakukan menyusul kasus lima waria meninggal dunia akibat HIV-AIDS dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Ketua Perwaka Kediri Ike Fradasari mengatakan aktitas keseharian yang dilakukan para waria membuat mereka rentan terkena HIV-AIDS termasuk penyakit infeksi menular seksual lainya. Hasil VCT atau tes HIV-AIDS bulan lalu menunjukkan ternyata dari 150 anggota perwaka Kediri 100 persen waria dinyatakan bebas dari HIV-AIDS.
“Selama ini keluarga tidak pernah mengurus (anggota keluarnganya yang -red) waria. Ada yang meninggal di jalanan.  Oleh sebab itu saya buat aturan waria harus dalam tiga bulan sekali memeriksaan diri untuk mencegah kasus HIV maupun IMS (Infeksi Menular Seksual),” jelas Ika.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Kedri, hingga september tahun ini tercatat 124 orang pengidap HIV-AIDS. 11 orang diantaranya  meninggal dunia. Dari korban meninggal, 5 orang adalah waria.

0 komentar:

Posting Komentar